Bidang Pengembangan, Mutasi dan Promosi mempunyai tugas pokok melaksanakan perumusan dan kebijakan teknis mutasi pegawai berdasarkan klasifikasi jabatan dan kompetensi serta pengembangan dan karir pegawai. Untuk  melaksanakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas, bidang Pengembangan, Mutasi dan Promosi menyelenggarakan fungsi:

  1. Merumuskan kebijakan pengembangan karir, mutasi dan promosi;
  2. Menyelenggarakan proses pengembangan karir, mutasi dan promosi;
  3. Mengkoordinasikan pelaksanaan pengembangan karir, mutasi dan promosi;
  4. Memverifikasi dokumen mutasi dan promosi;
  5. Mengevaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengembangan karir, mutasi dan promosi;
  6. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pengembangan, Mutasi dan Promosi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Badan. Bidang Pengembangan, Mutasi dan Promosi membawahi:

  1. Sub Bidang Pengembangan Karier Pegawai;
  2. Sub Bidang Mutasi Pegawai; dan
  3. Sub Bidang Promosi Pegawai.

Masing-masing  Sub Bidang sebagaimana dimaksud diatas dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang  Pengembangan, Mutasi dan Promosi

Mempunyai tugas pokok melaksanakan penyiapan perumusan dan kebijakan teknis pengembangan kepegawaian, karir pegawai dan peningkatan sumber daya aparatur. Rincian tugas Sub Bidang Pengembangan Karier Pegawai adalah sebagai   berikut:

  1. Menyusun pedoman pola pengembangan karier;
  2. Menyusun Daftar Urutan Kepangkatan;
  3. Mengelola administrasi, pelaksanaan ujian dinas dan penyesuaian ijazah pegawai negeri sipil;
  4. Mengevaluasi dan pelaporan pengembangan karier; dan
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mempunyai tugas pokok merencanakan, melaksanakan dan mengelola administrasi mutasi pegawai. Rincian tugas Sub Bidang Mutasi Pegawai adalah sebagai berikut:

  1. Merencanakan dan melaksanakan mutasi;
  2. Memverifikasi dokumen mutasi;
  3. Mengelola administrasi mutasi pegawai dalam dan antar instansi/ Provinsi/Kabupaten/Kota/Lembaga Pemerintah lainya;
  4. Melaksanakan konsultasi dan koordinasi mutasi pegawai dengan satuan unit kerja terkait;
  5. Mengelola administrasi pegawai Detasir/Titipan Sementara;
  6. Mengevaluasi dan pelaporan kegiatan mutasi; dan
  7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mempunyai tugas pokok melaksanakan penyiapan perumusan dan kebijakan teknis dalam rangka promosi pegawai. Rincian tugas Sub Bidang Promosi Pegawai adalah sebagai berikut:

  1. Menganalisis dan memverifikasi berkas usulan promosi;
  2. Menyiapkan bahan rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (BAPERJAKAT)/Tim Penilai Kinerja Pegawai Negeri Sipil dalam rangka pengangkatan, pemindahan dan pemberhentian pegawai negeri sipil dari dan dalam jabatan berdasarkan klasifikasi jabatan;
  3. Melaksanakan administrasi penempatan dari dan dalam jabatan pegawai berdasarkan klasifikasi jabatan;
  4. Melaksanakan konsultasi, koordinasi dan fasilitasi kegiatan promosi pegawai dengan satuan/unit kerja terkait;
  5. Mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan promosi pegawai; dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.