Bidang Pengadaan, Kepangkatan dan Penggajian mempunyai tugas pokok melaksanakan perumusan, pengelolaan dan pelaksanaan seleksi penerimaan/ pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, Praja IPDN, tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kenaikan pangkat pegawai dan kenaikan gaji berkala pegawai. Untuk  melaksanakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas bidang Pengadaan, Kepangkatan dan Penggajian menyelenggarakan fungsi:

  1. Merumuskan kebijakan pengadaan, kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala pegawai;
  2. Menyusun rencana kebutuhan, jenis dan jumlah jabatan untuk pelaksanaan pengadaan;
  3. Menyelenggarakan pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Praja IPDN dan tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK);
  4. Mengelola administrasi kenaikan pangkat pegawai;
  5. Mengelola administrasi kenaikan gaji berkala pegawai;
  6. Pelaksanaan koordinasi penyelenggaraan pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS), Praja IPDN dan tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), kenaikan pangkat pegawai dan kenaikan gaji berkala pegaawai dengan unit kerja terkait;
  7. Mengevaluasi dan pelaporan kegiatan Pengadaan, Kepangkatan dan Penggajian Pegawai;
  8. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pengadaan, Kepangkatan dan Penggajian dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan. Bidang Pengadaan, Kepangkatan dan Penggajian, membawahi:

  1. Sub Bidang Pengadaan Pegawai;
  2. Sub Bidang Kepangkatan Pegawai; dan
  3. Sub Bidang Penggajian Pegawai.

Masing-masing Sub Bidang sebagaimana dimaksud dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Pengadaan, Kepangkatan dan Penggajian.

Mempunyai tugas pokok melaksanakan perumusan, pengelolaan, dan pelaksanaan seleksi penerimaan/pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, Praja IPDN, tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan penetapan NIP calon Pegawai Negeri Sipil. Rincian tugas Sub Bidang Pengadaan Pegawai adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun formasi (Bezetting) kebutuhan pegawai negeri sipil, Praja IPDN dan tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK);
  2. Merencanakan dan melaksanakan seleksi penerimaan/pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, Praja IPDN, tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK);
  3. Menyusun konsep pelaporan pelaksanaan seleksi penerimaan/pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, Praja IPDN, tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK);
  4. Melakukan konsultasi, koordinasi dan fasilitasi seleksi penerimaan/pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil, Praja IPDN, tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan satuan unit kerja terkait;
  5. Mengelola administrasi penetapan NIP calon pegawai negeri sipil;
  6. Mengelola administrasi kontrak kerja bagi tenaga honorer/tenaga kontrak/tenaga harian lepas/Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)
  7. Mengevaluasi dan pelaporan kegiatan pengadaan pegawai; dan
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mempunyai tugas  pokok  melaksanakan penyiapan perumusan dan kebijakan teknis kenaikan pangkat pegawai negeri sipil. Rincian tugas Sub Bidang Kepangkatan  Pegawai  adalah sebagai berikut:

  1. Membuat daftar penjagaan kenaikan pangkat;
  2. Memverifikasi berkas usul kenaikan pangkat;
  3. Mengusulkan berkas kenaikan pangkat;
  4. Memverifikasi Draft Keputusan Kenaikan Pangkat;
  5. Mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan kepangkatan; dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mempunyai tugas  pokok  melaksanakan, mengelola dan tata hubungan kerja dalam rangka pelaksanaan kenaikan gaji berkala pegawai negeri sipil, proses usul pengganti (duplikat) SK yang hilang, peninjauan masa kerja pegawai negeri sipil dan perubahan status calon pegawai negeri sipil menjadi pegawai negeri sipil. Rincian tugas Sub Bidang Penggajian  Pegawai  adalah sebagai berikut:

  1. Mengelola administrasi dan memproses kenaikan gaji berkala pegawai negeri sipil;
  2. Mengelola administrasi perubahan status calon pegawai negeri sipil menjadi pegawai negeri sipil;
  3. Mengelola administrasi dan melaksanakan koordinasi proses usul pengganti (duplikat) SK yang hilang dengan satuan unit kerja terkait;
  4. Menyiapkan bahan pengelolaan administrasi peninjauan masa kerja pegawai negeri sipil;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.