Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi mempunyai tugas pokok melaksanakan perumusan dan kebijakan teknis pengembangan aparatur melalui pendidikan dan pelatihan. Untuk melaksanakan  tugas sebagaimana dimaksud diatas, Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi menyelenggarakan fungsi:

  1. Merumuskan kebijakan pengembangan kompetensi
  2. Menyelenggarakan pengembangan kompetensi
  3. Mengkoordinasikan dan kerjasama pelaksanaan seleksi jabatan
  4. Merencanakan kebutuhan diklat penjenjangan dan sertifikasi
  5. Memfasilitasi pelaksanaan diklat teknis fungsional
  6. Mengevaluasi dan pelaporan pelaksanaan pengembangan kompetensi
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi dipimpin oleh seorang Kepala Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan. Bidang Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi, membawahi:

  1. Sub Bidang Diklat Penjenjangan;
  2. Sub Bidang Diklat Fungsional ; dan
  3. Sub Bidang Pengembangan Kompetensi.

Masing-masing  Sub Bidang sebagaimana dimaksud diatas, dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bidang yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang  Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi.

Mempunyai tugas pokok melaksanakan penyiapan perumusan dan kebijakan teknis pendidikan dan pelatihan penjenjangan pegawai, pengelolaan administrasi dan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan penjenjangan bagi aparatur. Rincian tugas Sub Bidang Diklat Penjenjangan adalah sebagai   berikut:

  1. Menyusun daftar kebutuhan diklat penjenjangan;
  2. Menginventaris data calon peserta diklat penjenjangan;
  3. Mengusulkan peserta diklat penjenjangan;
  4. Mengusulkan peserta sertifikasi sesuai bidang keahlian;
  5. Mengkoordinasikan dan kerjasama pelaksanaan diklat;
  6. Memproses usulan peningkatan kualifikasi pendidikan;
  7. Mengevaluasi dan melaporkan hasil kegiatan diklat; dan
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mempunyai tugas pokok melaksanakan melaksanakan penyiapan perumusan dan kebijakan teknis pendidikan dan pelatihan fungsional pegawai, pengelolaan administrasi dan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan fungsional bagi aparatur. Rincian tugas Sub Bidang Diklat Fungsional adalah sebagai berikut:

  1. Menyusun daftar kebutuhan diklat teknis fungsional;
  2. Menginventaris data calon peserta diklat teknis fungsional;
  3. Mengusulkan peserta diklat teknis fungsional;
  4. Mengkoordinasikan dan kerjasama pelaksanaan diklat ;
  5. Mengevaluasi dan melaporkan hasil kegiatan diklat; dan
  6. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Mempunyai tugas pokok melaksanakan penyiapan perumusan dan kebijakan teknis pendidikan dan pelatihan kompetensi jabatan, pengelolaan administrasi dan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kompetensi jabatan bagi aparatur. Rincian tugas Sub Bidang Pengembangan Kompetensi adalah sebagai berikut:

  1. Melaksanakan fasilitasi kegiatan pengembangan kompetensi;
  2. Memverifikasi berkas usulan kompetensi teknis, manajerial dan sosial;
  3. Membuat konsep pelaksanaan seleksi jabatan;
  4. Menganalisis metode yang akan digunakan dalam pengembangan kompetensi aparatur;
  5. Mengelola administrasi, monitoring dan evaluasi terhadap Praja IPDN
  6. Mengelola administrasi penunjukan dan pengembalian PNS tugas belajar dan pemberian izin belajar PNS;
  7. Mengevaluasi dan pelaporan hasil kegiatan pengembangan kompetensi; dan
  8. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.